Sabtu, 05 Januari 2019

bibit kelapa wulung jogja


BIBIT KELAPA WULUNG

kelapa hijau wulung jogja
Bibit Kelapa Hijau Wulung

By Tabulampot Agro
Phone/Whatsapp: 0857-4775-7565

Kelapa wulung banyak ditemukan di Indonesia dengan jenis kelapa dalam atau kelapa tinggi. Namun, seiring perjalanan, kelapa wulung dapat dibudidayakan sehingga jenisnya bisa menjadi kelapa genjah; yaitu kelapa wulung dengan batang pendek dan cepat berbuah.
Kelapa wulung genjah dapat tumbuh 3-4 meter sudah berbuah. Kira-kira usia 5 tahun dari penanaman, kelapa wulung sudah berbuah. Setelah itu bisa dipanen. Atau diambil buah kelapanaya.

A.     Ciri-ciri Pohon Kelapa Wulung
Bibit kelapa hijau wulung memiliki akar yang berwarna kemerahan. Berbeda sekali dengan bibit kelapa biasa. Kelapa biasa jika dikeluapas kulit akarnya, maka warna akarnya tersebut hanya putih. Perbedaan bibit kelapa wulung dan kelapa biasa dapat diketahui dengan cara tersebut.
Sementara perbedaan dari segi batang dan daun kelapa wulung dan kelapa biasa, relatif tidak ada bedanya.
Kelapa wulung menjadi buah favorit yang cukup langka, namun banyak yang mencariya untuk digunakan sebagai obat. Khasiat yang terkandung dalam kelapa wulung atau serat merah dipercaya dapat menjadi alternatif mengobati penyakit. Dengan cara non-medis, terbukti masyarakat yang mengkonsumsi air kelapa muda ijo wulung ini merasakan dampak akan kemanfaatannya.
Berikut ini berbagai macam khasiat kelapa wulung.
Penyakit batu ginjal bisa menjadi penyakit serius yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Rasa sakitnya di sekitar perut yang begitu pedih tak terhingga dan  benar benar menganggu kegiatan.
Nah. Ini dia resep manjur penghancur batu ginjal itu.
Silahkan ambil atau beli kelapa hijau wulung. Agar tidak susah mintalah penjual sekalian memangkas bagian atasnya agar nanti mudah membuat lubang.
Caranya yaitu:
1.       Ambil air ke dalam panci dan masaklah air di panci hingga mendidih.
2.       Setelah mendidih kecilkan api kompor.
3.       Masukkan kelapa hijau itu utuh yang sudah dibuang kulit luarnya ke dalam panci berisi air mendidih.
4.       Tutup panci tersebut dan diamkan selama 3-5 menit.
5.       Kemudian buka tutup panci, warna kelapa wulung terlihat basah
6.       Lakukan gerakan bolak-balik degan kelapa wulung tersebut agar kelapa panas merata.
7.       Angkat kelapa hijau wulung dari panci. Letakkan di mangkuk/sejenisnya
8.       Seketika masih terasa panas/hangat lubangi ujung atas kelapa itu
9.       Lalu tuangkan airnya ke dalam wadah air atau gelas
10.   Minum satu gelas tanggung sebelum tidur
11.   Lakukan rutin selama 5-7 hari berturut-turut
Air kelapa wulung rebus akan berbeda. Rasanya agak masam kental. Ini lah fungsi daripada kelapa yang telah di panaskan. Air kelapa wulung mengalami perubahan zat yang lebih kuat untuk menjadi obat bagi penyakit batu empedu atau batu ginjal.
Saat terbangun di pagi-pagi, air kencing Anda mendesak untuk segera dikeluarkan. Jangan tunggu lama-lama, segeralah untuk menuu kamar kecil / wc. Keluarkanlah air kencing Anda. Buang sampai bersih. Kini warna air kencing itu bukan coklat atau kuning lagi. Tetapi berwarna serperti air susu. Itu adalah batu ginjal yang sudah hancur.
 
Kelapa Wulung Serat Merah

C.      Manfaat Minum Air Kelapa Wulung Pagi Hari

Jika Anda merasa kurang sehat, lemas, dan tidak semangat, Minum air kelapa di pagi hari, dapat menjadi solusi untuk bodyfit. Air kelapa muda wulung mampu menyelaraskan elektrolit dan menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik. Berikut beberapa manfaat konsumsi air kelapa wulung pagi hari:

1.       Mengatur Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya. Minum air kelapa di pagi hari baik untuk regulasi hormon tiroid dalam tubuh Anda.

2.       Bagus Untuk Ginjal

Air kelapa baik untuk ginjal Anda karena. Diuretik adalah suatu kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinase. Diuretik merupakan obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Fungsi utama diuretika adalah untuk memobilisasi cairan edema, yang berarti mengubah keseimbangan cairan sedemikian rupa sehingga volume cairan kembali menjadi normal.
3.       Memperkuat Imun Badan
Air kelapa hijau wulung mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga mencegah infeksi saluran kemih, flu dan bahkan penyakit gusi. Minumlah di pagi hari agar kekebalan tubuh terjaga terus.
4.       Bagus Untuk Pencernaan
Mengonsumsi air kelapa wulung di pagi hari baik untuk pencernaan, bagi ibu hamil, konsumsi air kelapa bisa memperlambat kontraksi otot lambung yang berpengaruh baik terhadap pencernaan.
5.       Minuman Elektrolit Alami
MInuman air kelapa wulung kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya al dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
6.       Cocok untuk program  Diet
Dengan mengonsumsi air kelapa wulung membuat perut Anda merasa kenyang sehingga cenderung akan makan lebih sedikit, hal ini bantu turunkan berat badan.
7.       Kulit Menjadi Csntik dan Segar
Air kelapa wulung kandungan yang terdapat pada air kelapa bantu menghidrasi kulit Anda sehingga menjaga kulit tetap sehat dan segar.
8.       Penambah Energi Tubuh
Air kelapa wulung jika diminum pagi hari dengan manambahkan madu setelah latihan fisik membuat tubuh Anda kembali bertenaga.

D.     Kelapa wulung Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam
Betikut ini saya uraikan mengenai apa sahaja manfaat Kelapa wulung Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam
Air kelapa wulung yang asalnya diserap dari dalam tanah, diolah dalam pohon sehingga masuk kedalam buah kelapa ini punya rasa yang agak manis dan menyegarkan.
Pohon kelapa hijau wulung terkanal sebagai penghasil minuman favorit penghilang dahaga dan bernilai ekonomis. Iya itulah pohon kelapa wulung dari indonesia, pohon yang merupakan simbol gerakan prmuka ini mempunyai nama ilmiah Cocos nucifera dan penyebutan nama daerah indonesia yang berbeda-beda. diantaranya Kelapa, Nyiur (lndonesia), Kambil, Kerambil, Klapa (Jawa), Kalapa (Sunda), dan nama asing Coconut (Inggris), Cocotier (Perancis).
Pohon Kelapa wulung ini termasuk jenis tanaman yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat tumbuh dan berbuah mulai 1-15 meter lebih.
Daunnya berupa pelepah, panjang setiap pelepan dapat mencapai 3-4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian dan biasanya dijadikan sebagai hiasan ketika pernikahan (janur).
Nah, Buah kelapa wulung tersebut terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 10-20 buah kelapa setiap tangkai.
Pohon kelapa wulung ini mempunyai khasiat untuk mengobati keracunan, panas dalam, sakit panas, demam berdarah, morbili (campak), influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi, ubanan, ketombe.
Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?
E.      Manfaat Air Kelapa Muda Wulung
Tanaman kelapa wulung ini dapat digunakan sebagai obat yaitu dengan cara meminum air kelapa muda. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan air kelapa muda ijo wulung ini untuk pengobatan ketika:
1.         Keracunan Makanan atau Minuman
Buah kelapa hijau wulung yang masih muda dilubangi bagian ujungnya kemudian diminum airnya sampai habis. Jika tidak habis-bisa diminum 2 kali dalam jarak waktu yang berdekatan.
2.         Demam atau Panas
Caranya yaitu: satu butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa hijau dilubangi bagian ujungnya kemudian telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, lalu dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut. Dan diminum pada siang hari.
3.         Panas Dalam
Metode pengolahannya sangat sederhana. Yatu: 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu dicampur dan diaduk sampai rata. obat siap digunakan. Untuk dewasa diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Untuk balita: 2 kali sehari 1/2 cangkir teh.

4.         Demam Berdarah
Caranya yaitu: Satu butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis, buah kelapa dilubangi ujungnya lalu jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian air jeruk nipis dimasukan ke dalam buah kelapa dan diaduk sampai merata. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
5.         Meredakan Flu / pilek
Caranya yaitu : Seperempat butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakannya diminum 1 kali sehari.
6.         Membasmi Cacing Kremi
Caranya : Seperempat butir buah kelapa dan 1 buah wortel. Buah kelapa dan wortel diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur, ditambah 1 gelas air. Kemudian hasilnya diperas dan disaring lalu hasilnya diminum malam hari menjelang tidur.
Berbagai macam khasiat minuman air kelapa muda ijo wulung tersebut dapat anda gunakan untuk menambah wawasan tentang kakayaan obat yang alami yang mudah dan murah.
Untuk mendapatkan buah kelapa wulung Anda dapat menghubungi nomor di atas. Kami juga menyediakan bibit kelapa wulung yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah atau perkebunan Anda.

F.       Khasiat PohonKelapa Wulung
Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi. Air kelapa hijau, dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol, yaitu berupa enzim yang mampu mengurai silat racun. Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potassium dan sejumlah mineral.
Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal, Batu Empedu, Dan Kencing Manis. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.
Berikut Adalah Beberapa Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Bayi Sumber terbaik untuk rehidrasi : Air kelapa adalah sumber elektrolit alami terbaik untuk rehidrasi ubuh, terutama pada saat cuaca sedang panas. Bayi, bahkan anak-anak dan orang tua rentan dehidrasi pada cuaca yang terik begini. Cara terbaik untuk melepaskan dahaga bukanlah dengan minuman manis-manis, akan tetapi dengan air kelapa segar.
Meskipun Air kelapa manis, namun hanya sedikit kalori dan juga plus vitamin, mineral dan garam. Penyakit pencernaan : Air kelapa juga bisa berguna untuk membantu mengobati penyakit gangguan pencernaan, asam lambung, diare, disentri, kembung dan sembelit. Hal ini juga berguna dalam mengobati muntah dan dyspepsia. Ketika kita menderita diare, air kelapa berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Kehilangan cairan tubuh adalah masalah akibat dari diare terbesar. Bisa mengobati kolera : Penelitian juga menunjukkan bahwa air kelapa bisa digunakan untuk mengobati kolera.
Air kelapa yang dicampur dengan 1-2 sendok teh air jeruk nipis atau garam bisa sangat membantu terhadap masalah kolera . Hal ini tidak hanya menjaga keseimbangan elektrolit, tetapi juga mengurangi asidosis dalam tubuh. Kelapa muda wulung sangat mudah didapatkan didaerah daerah, dan airnya pun sudah mengandung garam dan steril.
Memiliki sifat antibakteri :   Air kelapa bisa mematikan semua spesies bakteri. Biokimia tertentu yang disebut dengan peptida anti mikroba juga dikenal ada yang menggunakan bahan air kelapa wulung. Ada penekanan untuk segera menemukan obat baru yang alami untuk infeksi mikroba dalam beberapa tahun terakhir. Banyak spesies bakteri menjadi semakin kebal terhadap antibiotik yang dijual secara komersial. Membantu infeksi saluran kemih : Bayi masih rentan terhadap infeksi saluran kemih. Infeksi ini bisa dikurangi dengan memberikannya air kelapa kepada mereka.
Air kelapa bersifat diuretik, sehingga membantu infeksi di kandung kemih dan saluran kemih cepat dikeluarkan – dan pada akhirnya mengurangi infeksi saluran kemih. Selain itu, air kelapa juga sangat membantu mengurangi batu di ginjal. Mengobati demam empedu : Demam yang diikuti dengan rasa mual dan muntah umumnya dikenal dengan demam empedu. Demam seperti ini juga dapat mempengaruhi balita dan anak-anak.
Dalam keadaan ini, air kelapa bisa mengurangi efek demam. Air kelapa harus diberikan dalam jumlah sedikit, dan tak boleh bersama dengan cairan atau obat lain, kecuali atas petunjuk dokter anak Anda. Berikut  Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Atau Ketika Anda Memberikan Air Kelapa Untuk Anak Anda Lebih baik air kelapa segar : Air kelapa yang terbaik adalah yang langsung diminum dari buahnya.
Membeli es air kelapa muda beresiko terkontaminasi oleh bakteri dan bahan tambahan lain yang tidak baik bagi kesehatan anak dan balita. Bahkan orang dewasa. Periksa komposisi air kelapa dalam kemasan sebelum membelinya, hindari jika terdapat tambahan zat adiktif atau melewati masa kadaluarsa. Jangan minum dengan tergesa-gesa : Air kelapa tidak hanya air biasa, tetapi merupakan larutan garam alami.
Minumlah secara perlahan atau tidak tergesa-gesa untuk memperoleh manfaat terbaik. Kemungkinan Alergi air kelapa : Alergi kelapa pada umumnya sangat jarang terjadi, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika memberikan air kelapa untuk bayi Anda. Meskipun jarang terjadi kasus alergi air kelapa, kemungkinan kecil bisa saja terjadi. Dan Anda harus segera menghentikannya jika melihat tanda timbul alergi.
Jangan memberikan santan kelapa pada bayi: Jangan menyusui bayi Anda dengan santan, karena bisa memicu alergi. Berkonsultasi dengan dokter anak,  jika Anda ingin memperkenalkan santan sebagai bagian dari makanan bayi Anda. Hindari daging kelapa tua untuk bayi : Jangan memberikan daging kelapa yang sudah tua kepada bayi meskipun sudah dilembutkan, hal ini karena pencernaan balita masih belum bisa menerimanya dengan baik. Namun daging kelapa muda yang masih lunak serta kelihatan transparan bisa diberikan kepada bayi, dengan catatan sudah dikerok halus terlebih dahulu.
Hindari memberikan bersamaan dengan obat : Jangan memberikan minuman air kelapa bersama obat tertentu, sebelum Anda mendapat kejelasan dari dokter. Kemungkinan air kelapa bisa menetralkan efek dari obat-obatan kimia. Peringatan: Air kelapa sebaiknya diberikan kepada bayi setelah berumur 6 bulan dan bukan sebagai pengganti AS

G.     Air Kelapa Wulung Dicampur Pisang untuk Obat Tifus
Jakarta - Selain menelan obat dokter pengaturan asupan makanan penderita tifus sangat penting. Perbanyak cairan dan sayuran agar tubuh kembali fit.
Typhoid atau penyakit tifus timbul dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan juga Salmonella paratyphi.Orang yang terjangkit tifus mengalami pusing, demam tinggi, penurunan nafsu makan, hingga diare. Tifus dapat menular melalui kontak makanan dan minuman dengan penderita.
Selain dengan antibiotik, ternyata penyakit tifus juga bisa disembuhkan dengan diet makanan sehat yang akan memulihkan kondisi tubuh dengan cepat.
Gejala umum saat mengalami tipus, nafsu makan menurun drastis. Gangguan pencernaan umum dialami penderita tifus. Sebaiknya konsumsi makanan hambar dan mudah dicerna, seperti bubur.
Meskipun hambar, makanan harus mengandung gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Sushu tubuh umumnya naik 10% dari suhu normal yang berarti tubuh perlu lebih banyak energi. Karena itu asupan cairan harus cukup agar elektrolit terjaga.
Sebaiknya konsumsi banyak cairan seperti air kelapa, jus buah segar, sup sayuran, atau cairan elektrolit hingga suhu tubuh kembali normal. Hindari makanan tinggi serat selama terjangkit tifus. Seperti asupan sereal, roti, pasta, sayuran kubis, paprika, lobak, dan lainnya. Karena bentuknya yang padat membuat makanan jenis ini sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan selama sakit.
Selain itu, untuk memulihkan kondisi perbanyak konsumsi cairan seperti jus buah segar. Konsumsi makanan dalam kecil namun sering untuk melatih saluran pencernaan. Tambahkan asupan protein secara bertahap. Selain itu hindari penggunaan bumbu serta rempah-rempah yang pedas dan panas selama demam masih tinggi.
Sumber: detik.com

H.     Kelapa Wulung untuk sakit Lambung atau Maag
Manfaat air kelapa wulung untuk lambung – Sepertihalnya organ tubuh lain, lambung sebagai organ pencernaan juga memiliki resiko tinggi mengalami gangguan atau masalah. Nyeri ulu hati dan gangguan nafsu makan menjadi ciri atau tanda ketika organ tubuh ini mengalami gangguan ( masalah ).
Saat ini diketahui terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang lambung dari mulai maag, asam lambung yang tinggi, infeksi pada lambung, lambung berdarah, gerd, radang lambung, tukak lambung dan pemyakit lambung lainnya.
Studi menjelaskan bahwa asupan makanan yang salah, konsumsi obat-obatan, penyakit dan gaya hidup yang tidak sehat dapat berkontribusi meningkatkan seseorang memiliki permasalahan pada lambung.
Selain kerap kali mengganggu aktifitas yang diakibatkan oleh gejala dari lambung yang bermasalah, diketahui bahwa lambung bermasalah juga ternyata dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya jika tidak segera diobati. Contohnya ialah penyakit asam lambung yang jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan esofagus barrett hingga kanker lambung.
Nah sebelum Anda pergi ke dokter atau mengkonsumsi obat penyakit lambung, memanfaatkan air kelapa hijau ternyata bisa dilakukan untuk membantu mengatasi lambung yang bermasalah. Benarkah ?
Siapa yang tidak tahu dengan minuman penyegar alami satu ini. Air kelapa hijau telah dikenal secara luas sebagai minuman elektrolit alami yang dapat membantu mereka yang mengalami dehidrasi. Air kelapa kaya akan mineral baik seperti antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C dan mineral seperti zat besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan dan seng.
Mikronutrien dalam air kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Plus, hormon tanaman yang disebut sitokinin dalam minuman kesehatan ini menunjukkan efek anti penuaan, antitrombotik dan antikanker.
Sementara itu, saat ini juga diketahui bahwa air kelapa hijau memiliki manfaat baik untuk kesehatan lambung. Lapisan perut yang meradang tidak bisa menyerap air dan gula dari makanan. Hal ini sering disertai dengan hilangnya mineral penting seperti sodium, potasium, kalsium dan magnesium. Air kelapa mengandung tanin, yang diketahui bisa mengurangi peradangan.
Air kelapa memiliki banyak mineral dan senyawa yang menenangkan untuk sistem pencernaan. Hal ini sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun radikal dari tubuh. Ini juga membantu menjaga suhu tubuh normal yang membantu dalam menormalisasi fungsi pencernaan tubuh. Air kelapa dapat diberikan kepada pasien sesering mungkin dalam sehari, untuk menghilangkan rasa sakit dari gastritis.
Lebih lanjut lagi, laman health.liputan6.com juga menjelaskan terapi air kelapa ini bisa mengatasi ketidaknyamanan akibat asam lambung. Juga air kelapa bisa membantu memberikan bantuan instan dari sensasi terbakar ketika asam lambung kambuh.
Saat asam lambung naik, tingkat pH asam di tubuh Anda ternyata basa ketika Anda minum air kelapa. Hal ini juga membantu menghasilkan lendir di perut Anda, yang memberikan perlindungan dari efek berbahaya dari produksi asam yang berlebihan. Memperkaya serat, membantu pencernaan dan mencegah terjadinya kembali asam lambung naik. Selanjutnya, air kelapa membantu mendinginkan lapisan lambung, mengurangi sensasi panas.

I.        Kelapa wulung Hijau obat Sakit Malaria dan Ginjal
Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Kelapa Hijau Ini Dipercaya Bisa Menyembuhkan Sakit Malaria dan Ginjal, bangka.tribunnews.com
ciri-ciri kelapa wulung sebagai obat tersebut bisa dilihat berdasarkan kulit kelapanya yang ada bagian tangkainya, bila di kupas berwarna merah. Menurut Prof. DR. Made Astawan, MS, secara umum, air kelapa mengandung 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa.
Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3 persen pada air kelapa tua, dan 5,1 persen pada air kelapa muda. "Itulah yang menyebabkan air kelapa muda terasa lebih manis dibandingkan dengan air kelapa tua," ujar Made.
Berikut ini khasiat air kelapa wulung muda:
1.       Tinggi Kalium
Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.
Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan klorida, sedangka natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan.
Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, yang sesuai dengan cairan tubuh. Minuman isotonik diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya. Hanya saja, orang yang aktif berolahraga perlu berhati-hati soal penggunaan air kelapa sebagai minuman elektrolit.
Mereka harus mengetahui jenis olah raga yang dilakukan dan lamanya. Bila olah raga terbilang berat, katakanlah aerobik selama 3 jam tanpa henti, tubuh akan kehilangan banyak sodium. Konsumsi air kelapa wulung tidak bisa mengimbangi kebutuhan tubuh terhadap sodium. Tak lain karena sodium dalam air kelapa hanya sedikit. Kalau ini yang terjadi, tubuh bisa kekurangan sodium. Akibatnya, otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Detak jantung dan fungsi organ tubuh akan terganggu. Risiko terburuknya? Anda bisa pingsan. Namun, kalau olah raga yang dilakukan tidak tergolong berat, seperti jalan cepat selama 1 jam atau beryoga misalnya, minum air kelapa tidak masalah. Syaratnya, tetap konsumsi air-mineral biasa.
Hal-hal seperti inilah yang harus diluruskan dan diperhatikan oleh orang awam agar tak keliru memahaminya. Setidaknya ada 5 hal keliru lainnya tentang air kelapa yang perlu diluruskan.
Hal ini sering disalahmengertikan oleh kebanyakan orang. Minum air kelapa secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan diare. Memang kelihatannya-setelah itu berat badan berkurang. Namun, ini bukan cara tepat dan sehat untuk bisa mendapatkan berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa dijadikan stimulan bagi mereka yang susah buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.
2.       Lebih bernutrisi daripada susu full cream
Anggapan ini tidak benar. Dibandingkan dengan air kelapa, susu (baik yang full cream maupun tidak) kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Selain itu, susu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, serta magnesium. Sementara air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.
3.       Bantu sistem kekebalan tubuh
Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan juga membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Sistem imunitas dalam tubuh adalah sistem yang sangat kompleks.
Satu-satunya cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah zat gizi yang diperoleh dari beragam makanan. Yang bisa memberi dukungan nutrisi lengkap adalah melalui asupan makanan dengan gizi seimbang.
4.       Kelapa wulung Bantu cegah batu ginjal
Hal pertama yang dapat dilakukan guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah cukup konsumsi air atau cairan. Cairan bisa diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan lainnya. Ada benarnya bahwa air, baik. air kelapa maupun air mineral, dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Hanya saja, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.
5.       Pulihkan rasa pusing akibat mabuk
Mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan harus segera dinetralkan. Caranya dengan minum air, baik air mineral maupun air kelapa. Sebenarnya, untuk meredakan rasa pusing akibat mabuk, sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke dalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan.

J.        Air Kelapa wulung Sebabkan Wanita Hamil Muda
Dilansir dari VIVA.co.id – Kandungan air kelapa terbukti banyak memberi manfaat baik untuk tubuh. Tapi, tidak sedikit yang mengkhawatirkan bahaya air kelapa yang bisa menimpa ibu hamil. Mitos seputar air kelapa untuk ibu hamil, sudah banyak beredar di telinga masyarakat. Salah satunya, air kelapa disebut-sebut dapat memicu keguguran akibat kontraksi pada rahim.
"Memang air kelapa mengandung elektrolit yang bisa memicu kontraksi otot, tapi kalau diminum segelas sehari saja, itu enggak bisa bikin kontraksi. Normalnya, segelas itu dengan takaran 240 mililiter per harinya," ujar dr. Karin Wiradarma, kepada VIVA.co.id di kawasan Kuningan, Jakarta
Ia menegaskan, mitos kontraksi dan keguguran itu, masih belum terbukti hasilnya. Apalagi, ia membenarkan fungsi dan efek baik yang sebenarnya terkandung dari air kelapa asli untuk ibu hamil.
"Saya sempat dengar juga mitos bahwa air kelapa bikin air ketubannya bersih, tapi memang belum terbukti. Kebaikan Air kelapa sendiri terlihat dari kandungan gizinya seperti vitamin C, serat, dan elektrolit untuk tubuh ibu hamil," paparnya.
Meski begitu, Karin tetap menyarankan adanya sumber gizi lengkap yang wajib dipenuhi ibu hamil. Sebab, nutrisi lengkap harus ada untuk kebutuhan ibu hamil selama masa tumbuh kembang janin di rahimnya.
"Air kelapa memang baik, tapi ibu hamil memerlukan nutrisi lainnya seperti lemak dan protein yang tidak ada di air kelapa. Jadi, tidak bisa ibu hamil hanya dapat nutrisi dari buah kelapa saja, tapi juga dari makanan bernutrisi lainnya.
Sumber: Vivanews.com

K.      Peluang Bisnis Kelapa Wulung, Tidak Ada Matinya
Kelapa wulung adalah buah alam yang memiliki kelebihan untuk obat dari berbagai jenis penyakit. Di Jogja sudah terdapat kebun yang menjual bibitnya, ada juga warung pinggiran jalan yang menjual degan wulung, atau kelapa wulung muda.
Pada mulanya, kelapa wulung didapatkan dari daerah Bali. Karena terkenal akan khasiat untuk mengobati penyakit, maka banyak petani di Jawa yang ikut menanam, bahkan untuk sekarang, kelapa wulung sudah bisa dibudidayakan.
Kelapa wulung punya ciri khas unik, yaitu ada serat merah dibalik kulit luarnya. Degan wulung banyak diminati, tidak ketinggalan, para wisatawan manca negara dari luar negeri seperti Australia, Amerika, Belanda bahkan Jepang diarahkan oleh guide untuk berkunjung dan mengkonsumsi kelapa wulung.
Di Yogyakarta sendiri, tidak sedikit konsumen Kelapa wulung datang menikmati segarnya kelapa muda ini dengan tujuan mengobati penyakit yang diderita. Kelapa Hijau wulung telah memiliki beberapa konsumen tetap seperti pelanggan yang sedang terkena batu empedu, penyakit kulit, pecandu alkohol (miras) bahkan juga warga altet olah raga dan militer yang sering kegiatan fisik.
Kelapa muda wulung punya air yang segar. Di Jogja ini, warung yang biasa menjual degan wulung bisa menghabiskan 30-50 buah kelapa. Selain pasokan utama dari Yogyakarta, kelapa wulung juga berasal dari beberapa daerah yaitu Pati, Purworejo, Kendal, Magelang dan beberapa daerah lain.
Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Harga berkisaran Rp.15000–Rp.20.000 per buah tergantung ukuran. Biasanya orang yang meminum kelapa hijau wulung langsung tanpa tambahan apapun. Jika diminum secara murni, efek dari kelapa wulung sendiri mampu menghilangkan racun dan virus dalam tubuh.
Perlu pembaca tahu, keuntungan bisnis Kelapa Hijau wulung bisa melebihi UMR Jogja, yang sekarang kurang lebih Rp. 1.600.000. Untuk warung pinggir jalan yang menjual kelapa itu adalah jumlah yang cukup lumayan, jika musim kemarau pendapatan perbulan bisa lebih dari 2 juta rupiah.
Warung penjual Kelapa Hijau wulung berusaha memuaskan pelanggan. Kelapa hijau biasanya bertahan dalam kesegaran sampai batas 5 hari. Rata-rata warung kelapa Hijau wulung buka  jam 09.00 sampai 16.00 setiap harinya.  
Nah, untuk sementara ini, kebutuhan pasar akan kelapa wulung cukup besar. Kelapa wulung muda diwarung selalu laris dibanjiri pembeli.
Jadi, dapat diterka bahwasanya peluang bisnis kelapa wulung akan jalan terus tidak ada matinya. Peluang lainnya yaitu, jika Anda punya pekarangan luas, atau lahan kosong, dari pada nganggur dan tidak menghasilkan apa-apa, nampaknya ini sangat cocok untuk ditanamai bibit kelapa wulung.
Juga untuk kegiatan lingkungan hidup, pecinta tanaman, atau program pembagunan perkebunan desa, menanam kelapa wulung akan menghasilkan banyak keuntungan dan nilai ekonomi yang tinggi. Lebih-lebih, kelapa wulung yang jenisnya genjah, ia akan mulai produksi buah 3-4 tahun dengan batang pohon rendah.
L.       Kelapa Wulung Bakar
Apakahg benarkah khasiat kelapa bakar begitu hebat? Tak hanya cita rasanya yang khas, tapi air kelapa merupakan cairan yang mempunyai kandungan gizi, terutama mineral, yang sangat baik untuk tubuh manusia. Secara khusus, air kelapa kaya potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen).
Tingginya mineral berupa potasium dalam air kelapa, mampu menekan risiko terkena stroke bagi pengidap tekanan darah tinggi. Hasil penelitian Dr. Eugenio Macalalag, ahli urologi dari Chinese General Hospital dan National Kidney Institut,Filipina, menunjukkan bahwa terapi air kelapa sangat efektif melarutkan batu ginjal.
Namun, ternyata penelitian tentang beragam manfaat itu baru dilakukan pada air kelapa yang segar, bukan yang sudah dibakar. Sayang, sejauh ini belum ada penelitian tentang air kelapa yang sudah dibakar.
Seperti halnya makanan, kelapa bakar rentan akan rusaknya zat-zat mineral yang terkandung di dalam buah kelapa saat di bakar. Menurut Dr. Eugenio Macalalag, saat pemanasan kelapa akan mengubah zat-zat penting yang terkadung di dalam kelapa bakar tersebut.
alaupun belum ada penelitiannya, kelapa bakar benar-benar ampuh untuk meluruhkan kencing batu dan batu ginjal. itu semuanya terlah terbukti oleh kakak sepupu saya yang hampir dua tahun mengalami kencing batu. Dengan minum kelapa bakar rutin 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur membuat batu ginjalnya keluar dengan sendirinya tanpa mengalami operasi sama sekali
Studi klinis tahap awal menunjukkan minum air kelapa mungkin dapat mengurangi tekanan darah sistolik dalam pada pasien hipertensi (darah tinggi).
Secara teoritis penggunaan bersama air kelapa dengan obat anti-herpentensi (Obat mengurangi tekanan darah) mungkin dapat menyebabkan efek tambahan terhadap pengurangan tekanan darah berikutnya dapat memberi risiko tekanan darah menjadi rendah. Begitu juga jika air kelapa diambil dengan herbal dan suplemen yang dipercaya memiliki efek mengurangi tekanan darah.
Keamanan Air Kelapa wulung. Air kelapa jika diambil secara minuman dengan jumlah yang wajar adalah aman. Tidak ada kekhawatiran terhadap faktor keselamatan dalam mengkonsumsi air kelapa. Begitu juga jika air kelapa diambil oleh anak-anak. Namun tidak ada data yang memadai untuk keamanan konsumsi air kelapa dalam kalangan wanita hamil dan menyusui. Sebagai langkah pencegahan, lebih baik tidak meminumnya saat hamil atau menyusui.
M.   Air Kelapa  untuk Menghilangkan Dehidrasi
Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Selain air kelapa, manfaat pocari sweat yang merupakan minuman isotonik juga sangat bagus untuk dehidrasi.
N.     Air Kalapa Wulung Mencegah Penuaan Dini
Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.


O.     Manfaat Air Kelapa  Wulung untuk Kesehatan dan Kecantikan kulit

Beberapa alergi kulit karena adanya virus, bakteri, atau jamur. Air kelapa hijau punya sifat untuk mengurai virus, bakteri, dan jamur. Alhasil rajin mengkonsumsi air kelapa hijau membantu untuk menyembuhkan alergi pada kulit. Masalah jerawat, kulit kering, kulit berminyak, dapat ditasi dengan menggunakan air kelapa (metode obat luar), caranya merendam bola kapas di air kelapa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang bermsalah.

P.      Kelapa Wulung Membantu meringankan kram otot
Kram otot bisa terjadi karena beberapa alasan. Dan tahukah Anda ternyata air kelapa dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan saat terjadi kram otot. Kram otot atau kejang otot biasanya terjadi karena kekurangan kalium. Olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan kram otot. Cara meredakannya adalah dengan mengkonsumsi elektrolit. Air kelapa mengisi ulang air dan kalium yang hilang. Selain itu juga sangat bisa digunakan sebagai pengganti minuman berenergi.

Q.     Kelapa Wulung Mengatur gula darah
Air kelapa mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga air kelapa sangat membantu bagi para penderita diabetes, karena membantu meningkatkan sirkulasi. Air kelapa juga baik untuk mengurangi gejala seperti mati rasa di kaki dan kecenderungan ke arah aterosklerosis. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Food and Function yang mempelajari efek terap air kelapa matang dan menemukan bahwa air kelapa membantu menurunkan kadar glukosa darah dan stres oksidatif.

R.      Manfaat Air Kelapa Wulung Muda untuk Ibu Hamil
Air kelapa merupakan minuman isotonik yang sangat kaya akan nutrisi alami. Ia memiliki kandungan elektrolit, klorida, kalium, natrium, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungangula dalam jumlah sedang.  Air kelapa ini juga merupakan sumber serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C.
Berbagai macam fungsi dapat kita temukan dalam air kelapa hijau, ia dapat mencegah dehidrasi, mengurangi kelelahan, membantu membangun sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi ginjal, mencegah infeksi saluran kemih (ISK), serta menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa orang juga mengatakan bahwa minum air kelapa hijau dapat menurunkan resiko morning sickness dan sembelit yang merupakan masalah umum selama masa
1.  Kelapa Wulung Melawan Mual Muntah
Morning sickness merupakan gangguan semasa kehamilan yang ditandai dengan mual maupun muntah. Biasanya gejala ini akan hilang saat usia kandungan mencapai 3 bulan. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat terjadinya muntah.
2. Kelapa Wulung Mencegah dehidrasi
Wanita yang sedang hamil memiliki resiko yang besar terhadap terjadinya dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saja karena sering muntah sehingga cairan dalam tubuh banyak yang keluar. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemah. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang, terutama semasa kehamilan.
Minum air kelapa hijau yang masih muda dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan  ketika sedang hamil, dimana hal tersebut akan mendukung peningkatan volume darah, pemeliharaan volume cairan amnion dan sirkulasi untuk perkembangan janin.
The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil seharusnya mengkonsumsi total 3 liter air per harinya. 20% cairan ini berasal dari kelembaban dalam makanan yang Anda makan, dan sisanya yaitu 80% berasal dari air minum maupun minuman yang bebas dari kafein. Minum air kelapa merupakan bagian dari asupan cairan yang dibutuhkan tersebut.
3. Kelapa Wulung Menjernihkan air ketuban
Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa hijau dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban. Hal ini menunjukkan bahwa mitos yang selama ini beredar dalam masyarakat yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih, adalah salah. Yang benar adalah  air kelapa membuat air ketuban menjadi bersih.
4. Kelapa Wulung Menjaga tekanan darah
Kandungan elektrolit seperti  klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin yang terdapat dalam air kelapa hijau mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Serta berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Baca juga manfaat mangga untuk ibu hamilyang kaya akan kalium untuk menjaga tekanan darah.
5. Kelapa Wulung Melancarkan Sistem metabolisme tubuh selama kehamilan
Masa-masa kehamilan merupakan masa yang rentan bagi para wanita, dimana ia bisa mengalami berbagai gangguan sistem metabolisme. Hal ini nantinya dapat berdampak buruk pada perkembangan janin di dalam rahim, seperti bayi terlahir dengan bobot yang rendah, serta gangguan sistem metabolisme si bayi di masa mendatang. Dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil banyak mengandung protein, serat, mangan, serta kandungan vitamin C yang diketahui sangat berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme para wanita selama proses kehamilan.
6. Kelapa Wulung Menghilangkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan gangguan kehamilan yang terjadi saat hamil. Hal ini bisa karena urin pada saluran kencing yang disebabkan oleh perubahan mekanis dan hormonal yang terjadi pada kehamilan. Selain itu, peningkatan hormon progesterone yang terjadi pada masa kehamilan dapat menambah besar dan berat rahim yang dapat mengakibatkan pengenduran otot-otot saluran kencing.
Akibat dari gangguan ISK ini bisa membuat bayi meninggal dalam rahim. Kandungan berbagai macam nutrisi dalam air kelapa hijau yang masih muda dapat berfungsi sebagai diuretik alami serta, dapat mengeluarkan zat-zat racun yang ada dalam tubuh melalui urin.
7. Kelapa Wulung Mengatasi gangguan pencernaan
Perubahan hormonal yang terjadi semasa kehamilan dapat menekan perut ibu hamil. Hal ini akan mengakibatkan adanya gangguan pencernaan atau yang disebut sebagai dispepsia. Biasanya gejala dari gangguan ini meliputi timbulnya rasa nyeri pada perut bagian atas, sehingga menimbulkan beberapa keluhan seperti penyebab mual, muntah, perut kembung serta perasaan kenyang.
Anda dapat meringankan rasa tidak nyaman ini atas gangguan pencernaan tersebut dengan mengkonsumsi air kelapa hijau yang masih muda. Hal itu disebabkan karena kandungan potasium, klorida, magnesium, dan elektrolit dalam buah ini yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan fungsi usus, sehingga dapat membantu meringankan beberapa keluhan seperti konstipasi, mulas, maupun gangguan pencernaan lainnya semasa kehamilan.
8. Kelapa Wulung Mengatasi fluktuasi BP
Menurut seorang ahil diet, olahraga dan gizi ibu hamil yang berasal dari mumbai India bernama Agarwal Deepshikha, menyatakan bahwa, “Air kelapa sarat akan mineral mikro yang dapat membantu untuk mengatasi fluktuasi BP, terutama pada trimester terakhir. Mengkonsumsi segelas air kelapa secara rutin 1 kali sehari dapat membantu mengatur BP.”

9. Kelapa Wulung Kolesterol baik (HDL) dalam tubuh
Sebuah riset menunjukkan bahwa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam  tubuh, karena kandungan air tersebut tidak ada unsur lemak dan kolesterol. Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan tak perlu khawatir mengkonsumsinya, karena hal tersebut justru akan menambah kesegaran tubuh serta tubuh terlihat lebih berisi.
10. Kelapa Wulung Mencegah kram
Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kram pada kaki bagi beberapa wanita. Kandungan beberapa senyawa kimia dalam air kelapa hijau seperti kalium, dapat dijadikan alternative utama untuk menyembuhkan gangguan tersebut.  Segelas air kelapa hijau  atau setara denagan 330 ml, dapat menyajikan hingga 670 mg kalium. Itu berarti sekitar 14% kebutuhan pasokan kalium semasa kehamilan bisa dipenuhi oleh air kelapa hijau. Selai itu, manfaat anggur bagi ibu hamil juga meredakan pembengkakan.
11. Kelapa Wulung Menurunkan resiko diabetes gestasional
Menurut sebuah artikel yang dimuat dalam jurnal “diabetes care” pada tahun 2009 menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan diet yang kaya akan  karbohidrat kompleks dan rendah gula sederhana dapat mengurangi risiko terkena diabetes gestasional. Diabetes gestaional atau atau Diabetes Melitus Gestasional / GDM merupakan sejenis diabetes melitus yang terjadi hanya pada masa kehamilan saja dan akan pulih setelah proses melahirkan.
Hal ini biasanya terjadi pada saat usia kandungan mencapai 6 bulan, karena adanya peningkatan glukosa dalam darah yang melebihi batas normal. Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa situasi tersebut merupakan hal alami yang dialami oleh setiap wanita hamil dan kondisinya akan segera pulih pasca melahirkan nanti, namun hal tersebut harus tetap ditangani dengan sebaik-baiknya, karena jika dibiarkan saja dapat menimbulkan resiko pengembangan diabetes tipe 2 setelah beberapa tahun pasca proses kehamilan terjadi.

*diolah dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: